Manfaat yang dapat di peroleh dari daun pegagan


Pegagan (Lat. Centella Asiatica) adalah tumbuhan liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman tersebut berasal dari daerah Asia , yang banyak tersebar di Asia Tenggara termasuk Indonesia, India, China, Jepang dan juga Australia Selanjutnya menyebar ke berbagai negara. Pegagan juga sering di sebut dengan nama antanan atau daun kaki kuda . Sering digunakan sebagai penutup tanah, adakalanya dikonsumsi sebagai sayuran. Berkhasiat sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit.

 

Berikut merupakan Manfaat yang dapat di peroleh dari daun pegagan


1. Mempercepat penyembuhan luka

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada April 2018 mengamati khasiat pegagan untuk mengurangi jaringan parut setelah operasi. Hasilnya, orang telah melakukan oprasi yang kemudian secara rutin mengkonsumsi ekstra pegagan secara rutin luka dari bekas oprasinya akan lebih cepat untuk sembuh dan bekas luka dari oprasi tersebut cenderung lebih sedikit.

Dari hasil laporan yang di terbitkan dalam jurnal Medicine, mengatankan bahwa orang mengalami luka bakar yang kemudian lansung diolesi ekstrakdaun pegagan pada area luka bakarnya akan mengalami

2. Melancarkan aliran darah

Daun Pegagan juga bisa berguna untuk membantu mengurangi pembengkakan dan melancarkan aliran darah pada orang-orang yang  mempunyai avarises dan insufisiensi vena, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan darah menggenang di kaki. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Angiology juga menunjukkan pegagan berkhasiat dalam membantu proses pengobatan hipertensi vena.

Daun Pegagan dapat membantu mngurangi sistematis menemukan bahwa Centella asiatica membantu mengurangi gejala-gejala insufisiensi vena. Seperti nyeri, bengkak, dan keluhan kaki yang terasa berat dapat diatasi oleh daun pegagan.

Manfaat ekstrak daun pegagan ini diduga berasal dari kandungan triterpenes pada daun yang memiliki sifat anti-peradangan. Kandungan kimia ini juga diketahui menstimulasi pembentukan kolagen serta glikosaminoglikan yang merangsang penyembuhan luka.

 

3. Menyamarkan stretch marks

Penilitian yang dilakukan pada tahun 2013, mengatakan bahwa pegagan dapat menyamarkan stretch marks pada area kulit wanita yang telah melahirkan. Senyawa terpenoid yang banyak terkandung dalam pegagan membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Pegagan juga membantu mencegah munculnya stretch marks yang baru.

4. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Pada tahun 2016 telah dilakukan sebuah penelitian kecil yang membandingkan asam folat dan daun pegagan untuk meningkatkan fungsi otak orang yang mengalami stoke. Dalam penelitian ini diketahui bahwa keduanya sama-sama berguna untuk meningkatkan fungi otak orang yang mengalami stroke. Namun para peneliti menemukan bahwa daun pegagan lebih efektif untuk meningkatkan daya ingat orang mengali stroke dibandingkan dengan asam float.

5. Membantu mengobati penyakit Alzheimer

Pegagan berguna juga untuk meningkatkan fungsi memori dan saraf.  Meningkatnya fungsi memori dan saraf tersebut bisa berguna untuk membantu proses pengobatan penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian yang dilakukan kepada seekor tikus yang menderita penyakit Alzheimer hasilnya daun pegagan memiliki dampak positif mengobati tikus yang mempunyai kelainan prilaku dikarenakan menderita penyakit Alzheimer.

 

Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa ekstrak Daun Pegagan mampu melindungi sel-sel otak dari keracunan. Selain itu, tanaman ini juga dapat melindungi sel-sel di otak kita dari pembentukan plak yang mengakibatkan munculnya penyakit Alzheimer.

 

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat pegagan dalam mengobati penyakit Alzheimer. Pastikan anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum anda menkonsumsi ekstra daun pegagan.

 

6. Meredakan kecemasan dan stress

Untuk meredakan kecemasan kita bisa mengkonsumsi ekstra daun pegagan karena seperti yang telah kita ketahui bahwa daun pegagan mempunyai kandungan triterpenoid, triterpenoid bisa membantu kita untuk meredakan kecemasan dan stress.

Sebuah penelitian yang dilakukan kepada 33 orang orang yang mempunyai gangguan kecemasan umum dan mereka mengkonsumsi ekstrak daun pegagan selama 2 bulan(60hari), hasilnya ternya daun pegagan dapat membantu menurunkan stres, kecemasan, bahkan depresi. Dengan hal tersebut para peneliti menduga bahwa daun pegagan dapat dijadikan sebagai pengganti obat antidepresan.

Daun pegagan juga memiliki khasiat anticemas hal ini di buktikan dengan penelitian yang dilakukan pada seekor tikus jantan yang mengalami kurang tidur selama 72 jam.  Namun penelitian lebih lanjut perlu dilalukan untuk memastikan temuan ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar