pengertian, penyebab dan cara menangkal obesitas


APA ITU OBESITAS?

Obesitas adalah penumpukan lemak di dalam tubuh yang sangat banyak yang mengakibatkan kondisi kronis.obesitas ini disebabkan oleh asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dari pada kalori yang di bakar, tubuh akan merubah sisa kalori yang dalam tubuh menjadi lemak. Jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus dengan jangka waktu yang panjang, tuubuh akan mengalami berat badan berlebih sehinggan bisa menyebabkan terjadinya obesitas.

Meningkatnya jumlah penderita obesitas juga banyak disebabkan oleh pertumbuhan industry makanan dan ekonomi, makanan olahan yang tinggi  akan kalori dan pola hidup yang tidak sehat berperan besar dalam meningkatkan angkat penderita obesitas setiap tahunnya.

Pada 2016 WHO mendata, sebanyak 659 juta penduduk dunia yang berusia dewasa mengalami kelebihan berat badan, angaka obesitas di kalangan anak-anak dan remaja berusia 5 sampai 19 tahun terjadi pada sebanyak 340 juta kasus. Pada 2010 diperkirakan 23% orang dewasa di Indonesia mengalami obesitas, angaka obesitas di Indonesia dilebih banyak dialami oleh wanita di bandingkan pria.

Angka kematian yang meningkat disebabkan oleh penyakit kangker, diabetes, jantung dan pembulu darah lebih banyak dialami oleh orang yang mengalami obesitas dibandinkan oleh orang yang mempunyai berat badan normal.

 

obesitas
obesitas 

Apa Penyebab Obesitas?

Obesitas banyak disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang tinggi akan kalori yang tidak diimbangi dengan dengan aktivitas fisik yang cukup untuk membakar dan menguluarkan kalori tersebut. Sisa kalori yang tidak dipakai oleh tubuh selanjutnya akan dirubah menjadi lemak di dalam tubuh, sehingga seseorang terus mengali penambahan berat badan dan pada akhirnya mengalami obesitas. Berikut merupakan factor-faktor penyebab terjadinya obesitas :

  • Faktor keturunan atau genetik
  • Efek samping obat-obatan
  • Kehamilan
  • Kurang tidur
  • Pertambahan usia
  • Penyakit atau masalah medis tertentu

cara menurunkan berat badan

Agar kita tidak mengalami obesitas dan tidak mengalami kelebihan berat badan kita harus mempunyai berat badan yang ideal. Untuk kamu yang mengalami obesitas hal pertama yang harus kamu lakukan adalah diet, diet adalah kebalikan dari obesitas yaitu mengonsumsi makanan dan minuman dengan jumlah kalori yang kurang dari jumlah kalori yang kita butuhkan setiap harinya. Kamu bisa mencari dan memilih program diet yang sesuai untuk diri kamu. Hal paling penting dalam melalukan diet adalah kamu tidak boleh setres dan diet yang kamu lakukan harus karena diri kamu sendiri bukan karena orang lain.

Tips menurukan berat badan :

  1. Banyak minum
  2. Menjauhi makanan yang di goring
  3. Menghindari minuman manis
  4. Menghindari makan manis
  5. Banyak makan sayur dan buah

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar