Pengertian dan Rekomedasi Diet


Pengertian Diet

Diet adalah cara dan pola mengatur makanan yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang telah ditentukan dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, menambah masa otot, menjada berat badan atau tujuan lain yang dianjurkan oleh dokter seperti dalam rangka pemilihan atau penyebuhan suatu penyakit.

diet sehat
diet sehat


Diet untuk menurunkan dan menjaga berat badan

Tujuan banyak orang melakukan diet adalah untuk menurunkan dan menjaga berat badan agar memiliki bentuk tubuh yang diidamkan setiap orang yang melakukannya.

Apa itu kalori?

Kalori adalah satuan atau takaran energy dalam tubuh. Pada umumnya rata-rata seorang wanita memelukan sekitar 1.600-2.400 kilokalori (kkal) per hari, sementara rata-rata pria membutuhakan 2.000-3000 kilokalori (kkal)  per hari. Hitungan tersebut hanya hitungan rata-rata kebutuhan kalori seseorang dalam satu harinya di pengaruhi oleh aktifitas, usia dan jenis kelamin. Jika kita menerima kalori lebih dari yang kita butuhkan setiap harinya maka tubuh kita secara pintar akan merubah sisa kalori menjadi lemak. Lemak adalah cadangan energy yang tersimpan dalam tubuh yang akan digunakan pada saat kita kekurangan kalori.

Semua perinsip program diet yaitu melakukan deficit kalori, deficit kalori adalah suatu keadaan di mana tubuh kekurang kalori yang dibutuhkan, saat tubuh kekurangan kalori tubuh akan menggunakan lemak yang tersimpan di dalam tubuh untuk dijadikan energy. Jika hai ini dilakukan secara terus menerus atau secara berkesinambungan makan dalam setiap harinya tubuh akan terus kehilangan lemak dalam tubuh itu berarti berat badan kita juga akan terus menerus menurun dengan sedirinya.

Rekomendasi Program diet sehat yang sesuai untuk kita

Diet OCD adalah  singktan dari Obsessive Corbuzier’s Diet yang pertama kali dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier pada tahun 2013.Diet ini menganut system yang disebu dengan system jendela makan. Diet ini mengatur waktu kamu boleh makan dan watu dimana kamu tidak boleh makan. Diet OCD memiliki tingkatan atau level yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan kamu.

 Apalagi, tidak ada larangan dalam memilih makanan. Kamu bebas makan apa saja sesuai keinginan asalkan jangan berlebihan. Nah ketahui yuk aturan dan caranya!

1. Jendela makan 8 jam 

Jendelamakan ini adalah jendela makan paling ringan yang ada pada diet ocd. Pada jendela ini kamu dibolehkan makan selama 8 jam dalam satu hari satu malam yang berarti kamu tidak boleh makan (puasa) selama 16 jam, kamu hanya boeh minum minuman tanpa kalori. misalnya kamu bangun jam 5 pagi berarti kamu boleh mulai makan jam 9 pagi dan berhenti makan jam 5 sore. karena karana dalam diet ini kita tidak boleh sarapan kita boleh makan setelah 4 jam atau lebih bangun dari tidur.

2. Jedela makan 6 jam

Sama seperti jendela makan 8 jam. Bedanya di jendela makan ini kamu kamu hanya boleh makan selama 6 jam dan berpuasa selama 18 jam. misalnya kamu bangun jam 5 pagi berarti kamu boleh mulai makan jam 9 pagi dan berhenti makan jam 3 sore.

3. Jedela makan 4 jam

Sama seperti jendela makan sebelumnya . Bedanya di jendela makan 4 jam kamu kamu hanya boleh makan selama 4 jam dan berpuasa selama 20 jam. misalnya kamu bangun jam 5 pagi berarti kamu boleh mulai makan jam 9 pagi dan berhenti makan jam 1 siang.

4. Jendela makan 24 jam

Di jendela makan ini kamu hanya boleh makan satu kali dalam satu hari misalnya kamu makan pada hari ini jam 2 siang makan kamu boleh makan lagi jam 2 siang lagi. Selama kamu 24 jam kamu hanya boleh minum minuman dengan kalori 0.

Tips diet ocd

  1. Makan makanan yang tinggi serat
  2. Banyak minum air putih
  3. Tidak sarapan
  4. Menghindari makanan dan minuman tinggi gula
  5. Menghidari makanan yang di goring

Perhatian : sebelum melakukan diet ini alangkah baiknya anda  berkonsultal tasi dengan pakar kesehatan dan donkter terutama bagi anda yang mempunya penyakit khusus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar