Kebiasaan Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan


Banyak orang yang sudah mengerti bahwa merokok dan memakan makanan berlemak dapat merusak kesehatan tubuh . Namun, masih ada beberapa kebiasaan lain yang tanpa Kamu sadari juga dapat merusak kesehatan. Tak hanya badan tetapi juga kesehatan mental Kamu.

kebiasaan Yang Tidak Sehat
kebiasaan Yang Tidak Sehat

Beragam kebiasaan buruk yang harus dihindari

1. Terlalu lama menonton/melihat TV atau dan gatget

Meski bisa disebut sebagai aktivitas bersantai, terlalu sering melihat TV atau main laptop memiliki banyak pengaruh negatif bagi kesehatan badan. Terlalu lama menonton TV atau  menggunakan gadget telah ada sangkut pautkan dengan meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan emboli paru.

 

2. Terlambat makan

Jangan pernah mengira bahwa menunda makan akan membantu  menurunkan berat badan Kamu. Itu tidak dibenarkan. Menunda waktu makan, malah akan meningkatkan nafsu makan Kamu di waktu setelahnya. Bisa jadi porsi Kamu akan lebih banyak dari biasanya.

Menunda waktu makan akan melambatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan terasa lemas. Selain itu, menunda makan akan menyebabkan asam lambung Kamu naik. Buruknya, kebiasaan tersebut bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes.

Sebaiknya, Kamu meluangkan waktu Kamu sebentaruntuk makan, agar Kamu tetap  bisa fokus dan semangat beraktivitas.

3. Makan di saat tidak lapar

Sekadar memakan camilan atau melampiaskan diri dari rasa stres dengan makan yang terlalu sering mungkin akan menimbulkan kelebihan kalori bagi tubuh Kamu. Kemudian, berat badan tubuh Kamu akan naik di atas normal dan akhirnya obesitas.

Obesitas dapat meningkatkan banyak risiko, tidak hanya diabetes, stroke, tetapi juga banyak penyakit lainnya. Penting untuk menjaga waktu makan dan pola makan Kamu, agar berat badan tetap terjaga.

4. Terlalu lama membuka media sosial

Penelitian telah banyak menemukan bahwa banyak orang yang “terisolasi” akibat berkutat dengan media sosial. Isolasi sosial ini buruk bagi kesehatan mental dan fisik Kamu. Kamu hanya akan menghabiskan sebagian besar waktu dengan mengamati media sosial, tanpa melakukan aktivitas yang membuat badan Kamu bergerak. Terlebih lagi, penelitian juga menunjukkan bahwa terlalu lama berselancar di media sosial dapat mengakibatkan rasa iri pada teman dan menurunkan mood sehingga meningkatkan risiko terjadinya depresi.

5. Terlalu lama duduk

Terlalu lama duduk di kursi mungkin akan menggangu kesehatan fisik Kamu. Mengapa? Duduk dalam jangka waktu lama bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular. Karena duduk bisa mengakibatkan kamu tidak bisa membakar kalori dalam jumlah banyak. Begitu pula dengan kesehatan psikologis.

Mengatasi hal tersebut, Kamu bisa melakukan aktivitas (olahraga kecil)  untuk menggerakkan badan Kamu selama beberapa menit setiap 30 menit. Dengan demikian, pikiran dan pikiran Kamu tetap akan baik.

6. Begadang

Bergadang  waktu malam hari dan tidur di paginya merupakan aktivitas yang buruk dan bisa merusak kesehatan. Orang yang begadang cenderung tidak melakukan kegiatan fisik pada esok harinya dan bisa juga mengganggu waktu makan. Jika Kamu sudah terbiasa begadang, kamu bisa merubah aktifitas ini secara perlahan hingga tubuh Kamu terbiasa dan Kamu bisa beraktivitas normal.

7. Menahan marah

“Sabar ada batasnya”, pepatah itu ada benarnya. Ketika kita marah, lebih baik untuk melampiaskannya. Jika dipendam, bisa menyebabkan stres dan jika meluapkannya secara berlebihan bisa  meyebabkan gannguan kesehatan.-tiba jauh lebih rentan terhadap penyakit jantung.

8. Menganggap diri sendiri ‘bodoh’

Setiap kali Kamu melakukan kesalahan atau kekurangan, biasanya Kamu akan mengritik diri Kamu ‘bodoh’. Kebiasaan ini memang tidak langsung merujuk pada kesehatan Kamu. namun, menempatkan diri Kamu pada posisi yang buruk, dapat merusak kesehatan mental Kamu. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menemukan bahwa kritik diri yang keras meningkatkan terjadinya gejala depresi.

9. Mengingat-ingat stres di masa lalu

Sebuah penelitian yamg dilakukan pada tahun 2017 yang diterbitkan di dalam Behavior Research and Therapy menemukan bahwa merenungkan suatu tekanan, masalah, atau trauma di menggunakan waktu kamu untuk sesuatu yang berharga.u menikmati waktu Kamu yang berharga dan membuat rencana masa depan yang lebih baik.

10. Meremehkan bahaya polusi udara

Saat Kamu bepergian keluar, apalagi menggunakan motor terkadang Kamu lupa mengenakan masker. Udara yang Kamu gunakan untuk saat itu, mengandung berbagai macam bahan kimia dan zat yang tidak baik untuk kesehatan, terutama di lingkungan kerja tertentu dan kota-kota besar.

 

Sikap Kamu yang tidak peduli ini bisa menyebabkan masalah serius bagi kesehatan paru-paru dan jantung Kamu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar