Olahraga Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan



Olahraga adalah  suatu gerakan tubuh atau gerakan fisik yang tersetruktur dan terencana yang dilakukan secara berulang dengan  jangka waktu yang panjang. saat kita sedang berolahraga disaat bersamaan tubuh kita pula akan membakar kalori (kalori adalah satuan tenaga yang yang dihasilkan dari makanan yang kita makan), semakain lama dan semakin tinggi intensitas olahrahraga yang kita lakukan makan akan semakin cepat dan banyak kalori yang kita bakar pada saat berolahraga.
Olahraga angkat beban
Olahraga angkat beban

dilansir alodokter kalori yang dibutukan oleh seorang pria dewasa setiap harinya adalah 2500 kalori sedang untuk seorang wanita dewasa kalori yang dibutuhkan setiap harinya adalah 2000 kalori. julah tersebut sebenarnya tidak baku dikarnakan jumlah kalori yang dibakar setiap harinya juga di pengaruhi oleh faktor lain seperti : jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan kegiatan di rumah. 

Asumsikan saja tubuh kita memerlukan kalori harian sebanyak 2500 kalori jika kita bisa membakar 3000 kalori perhari (membakar 500 kalori perharikkk) maka dalam satu minggu kita bisa menurunkan berat badan sebanyak 1,5 kilogram. 

Jadi Olahraga apa yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat? carilah olahraga yang memiliki efek afterbrun.Apa itu efek afterbrun secara bahasa formal efek afterbrun di sebut dengan EPOC(xcess post-exercise oxygen consumption) atau  dalam bahasa indonesia sering disebut dengan peningkatan konsumsi oksigen setelah olahraga. Saat tubukita memerlukan oksigen dengan jumlah yang banya maka di saat itu pila tubuh kita juga akan terus membakar lemak secara berkesinambungan selama 48jam(2 hari dua malam). Efek afterbrun akan berefek membakar kalori dalam tubuh sebanya 6% - 15%.

Olahraga HIIT kardio

HIIT ( high-intensity interval training) adalah latihan atau olahraga kardio dengan intensitas tinggi contohnya adalah olahraga lari dengan kecepatan setinggi munggkin yang anda bisa dan dengan waktu yang lama serta istirahat yang beraturan secara terus menerus.

menurut pengalaman admin pribadi. cara HIIT kardio dengan cara berlari yang baik adalah berlari secepat mungungkin selama 1 menit dan bersitirahat selama 15 detik. lakukan hal yang sama selama anda mampu memlakukanya. sebenarnya masih banyak jenis HIIT kardio selain lari. kamu bisa mencarinyari refrensi atau tutorial HIIT kardio di situs berbagi video (YouTube).

Olahraga Angkat Beban

efek afterbrun juga bisa kamu rasakan dengan berolahraga angkat beban. Hal ini sering admin lakukan jika berat badan admin sudah mulai tidak normal (nambah berat badan). Lakukanlah olahraga ini secara rutin saran admin carilah tempat kebugaran (tempat GYM) dari mintalah bantuan dari seorang Personal training atau jika rumah anda jauh dari tempat pusat kebugaran maka kamu tinggal beli saja dumble dan ikuti saja tutorial dari Youtube seperti yang admin lakukan (lakukalah dengan berhati-hati).

Untuk menurunkan berat halpertama yang harus diperhatikan sebenarnya adalah bukan olahraga namun yang harus pertama kamu perhatikan adalah makanan yang masuk kedalam mulut anda.  Untuk menurunkan berat badan dengan efektif kurangi atau hindari makan makanan yang mengandung kalori yang rendah dan carilah makanan sehat yang mengandung banyak serat dan vitamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar