Pengertian, Jenis-Jenis dan penyebab Pendarahan Otak


Pengertian Pendarhan otak

brain hemorrhage atau yang lebih sering disebut dengan Pendarahan otak merupakan salah satu jenis stroke. Kondisi ini terjadi saat pembuluh arteri pada otak pecah.

 

Pendarahan otak tersebut mengakibatkan jaringan otak iritasi dan bengkak, atau sering  disebut juga dengan cerebral edema. Darah akan menggenang dan menggumpal (hematoma). Gumpalan ini bisa akan menekan jaringan otak, hingga akhirnya memengaruhi aliran darah di sekitarnya.

 

Aliran darah yang  tidak lancar, mengakibatkan sel-sel yang berada di otak tidak mendapatkan oksigen dan makanan. Dan Akhirnya, sel-sel tersebut otak rusak dan mati.

 

pendarahan otak
pendarahan otak

Pendarahan ini dapat terjadi di dalam otak, tepatnya di antara otak dan selaput (membran) yang melapisinya, di antara lapisan pelindung otak, atau di antara tengkorak kepala dan lapisan pelindung otak.

 

Kondisi tersebut merupakan keadaan medis yang darurat dan membutuhkan perawatan secepat mungkin. Pada beberapa kasus, pasien dengan kondisi ini berakhir dengan kelumpuhan permanen. Namun, tidak sedikit pula pasien yang berhasil pulih dengan sempurna.

 

Jenis-Jenis Pendarahan otak

Jenis-jenis pendarahan otak dibagi berdasarkan lokasi pendarahan otak itu terjadi (bagian otak yang terjadi pendarahan) berikut merupak jenis-jenis pendarahan otak berdasarkan lokasinya :

1. Intraserebral

Pendarahan jenis ini termasuk yang paling sering dijumpai (paling umum). Pendarahan ini terjadi ketika pembuluh darah di dalam otak pecah dan darah mengalir di jaringan-jaringan otak. Pendarahan ini menyebabkan sel-sel otak mati dan beberapa bagian otak gagal berfungsi secara normal.

 

Umumnya, pendarahan intraserebral disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau kelainan genetik seperti arteriovenous malformation (AVM).

 

2. Subarachnoid

Tipe pendarahan otak Subarachnoid terjadi ketika pada bagian antara otak dan jaringan selaput (membran) yang melapisi otak, atau yang sering disebut sebagai ruang subarachnoid.

 

3. Subdural

Pendarahan yang terjadi dibawah lapisan durameter dan di atas selaput yang melapisi otak. Lapisan durameter merupakan lapisan paling keras dibawah tulang tengkorak

 
4. Epidural

Perdarahan yang berkembang di bawah tulang tengkorak (berada di atas durameter).

 

penyebab pendarahan otak

1. Trauma pada kepala

cedera adalah satu penyebab utama pendarahan pada otak. hal ini bisa terjadi karena kecelakaan yang menyebabkan kepada terbentur dengan keras. hal ini biasa terjadi pada orang yang berusia kurang dari 50 tahun.

 

2. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi kronis dapat menyebabkan melemahkan bagian dinding pembuluh darah dalam jangka waktu yang lama. Apabila kondisi ini tidak segera diatasi, darah akan mengumpul di otak dan menyebabkan munculnya gejala-gejala stroke.

 

3. Aneurisma

Aneurisma merupakan  kondisi di mana dinding pembuluh darah yang terdapat di otak melemah dan mengalami pembengkakan. Pembengkakan tersebut berpotensi pecah dan menyebabkan  pendarahan pada otak, serta munculnya gejala stroke.

 

4. Kelainan pembuluh darah

Kondisi yang disebut juga dengan arteriovenous malformations (AVM) ini terjadi akibat melemahnya pembuluh darah di dalam dan sekitar otak. Biasanya, kelainan ini muncul saat baru lahir dan hanya terdiagnosis apabila gejala-gejalanya muncul.

 

5. Amyloid angiopathy

Kelainan pada dinding pembuluh darah akibat penuaan dan penyakit tekanan darah tinggi biasa disebut sebagai amyloid angiopathy. Kondisi ini bisa saja dimulai dengan pendarahan ringan, yang kemudian berkembang menjadi pendarahan cukup parah.

 

6 .Kelainan pada darah

Kelainan yang terjadi pada darah seperti hemofilia dan anemia sel sabit dapat memengaruhi produksi trombosit dalam darah. Hal tersebut dapat berakibat fatal pada pendarahan otak.

 

7. Masalah pada hati

Kondisi tersebut terkait dengan peningkatan pendarahan di dalam tubuh secara menyeluruh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar